Saturday, January 4, 2014

PULAU SUMBA - SURGA INVESTASI YANG TERLUPAKAN

Inilah Perjalanan saya untuk ke 3 kalinya mengunjungi Pulau Indah yang terletak di Pov NTT - SUMBA. Sekedar untuk mencocokkan pandangan saya saat kunjungan saya sebelumnya, kali ini disela sela kesibukan menyelesaikan pekerjaan Instalasi Pompa Air Tenaga Surya di Sumba Barat, saya menyempatkan diri mengunjungi beberapa komunitas dan tidak lupa mengunjungi pasar lokal sebagai titik akhir riset kecil saya. Kesan dan kesimpulan saya tidak beda jauh dari hasil riset kecil yang terdahulu bahwa Pulau ini adalah pulau yang memiliki potensi luar biasa, khususnya dibidang peternakan. Tapi sayang-nya kendala pengembangan usaha ini untuk masuk kelas industri masih sama seperti yang dulu yaitu minimnya infrastruktur. Hamparan hijau sabana dengan luas RIBUAN ha seolah tak termanfaatkan secara optimal, karena sepanjang perjalanan saya hanya ketemu 6 ekor kambing lokal.... tak satu ekorpun sapi atau kerbau yang digembala di lokasi yang saya kunjungi. Bertemu dengan seorang penduduk asli, beliau menjelaskan bahwa apa yang saya lihat sekarang adalah hamparan hijau yang ada hanya di musim penghujan, sedangkan pada musim kemarau kawasan ini akan berubah warna menjadi COKLAT, karena terik matahari dan tidak ada air yang menyirami area ribbuan ha itu. Saya jadi sangat tertantang, karena "hanya" berjarak 2km dari area itu terdapat sumber mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Sungguh masalah yang sangat simple untuk diatasi jika masalah air adalah kendala utama di lokasi itu.... pasang pompa, beressssss. Kunjungan akhir saya di pasar hewan setempat membawa hasil yang "sedikit" memprihatinkan karena Sapi yang dijual murah disini nyatanya tidak mudah dijual murah juga di daerah lain yang membutuhkan karena kendala transportasi... saya jadi teringat keluhan seorang pedagang sapi dari Jakarta yang mengatakan bahwa ongkos kirim sapi dari NTT hampir 4 x lipat mahalnya dibanding ongkos kirim dari Darwin - Austalia maupun dari New Zeland... al hasil sapi sapi dari NTT harganya akan mahal juga setelah sampai ditujuan. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment