Thursday, February 2, 2012

MENJUAL LISTRIK KE PLN ( Solar Grid Tie System )


Kalau selama ini kita selalu diposisikan sebagai konsumen dihadapan PLN, maka kini saatnya kita menjadi supplier listrik bagi PLN. Mungkinkah ? ya !!!! Teknologi Inverter pada systim Solar Cell Generator telah memungkinkan kita untuk menjual listrik yang kita produksi dari Solar Cell untuk dipasok ke jaringan PLN, Metering PLN yang biasanya berputar ke KANAN bisa kita putar KEKIRI ( Angka pada bacaan meter akan berhitung mundur / Count Down ) sesuai jumlah energy listrik yang dihasilkan oleh Solar Cell kita.

Grid Tie System adalah system Solar Cell Generator yang dapat bekerja secara paralel dengan listrik dari jaringan PLN untuk mensupply energy yang dibutuhkan di rumah / kantor / pabrik kita. System GRID TIE telah dirancang sinkron dengan system Listrik PLN sehingga tidak perlu kawatir akan terjadi konflik.

Berikut gambaran cara kerja Grid Tie Inverter Versus PLN:
System ini hanya dapat diaplikasikan untuk lokasi yang sudah dilayani oleh PLN. Dengan demikian kita memiliki 2 sumber energy untuk mensupply kebutuhan listrik di tempat kita yaitu dari PLN dan dari Solar Cell.

Contoh Aplikasi : Andaikan kita memiliki daya 1000 Watt dari PLN, dan kita memasang system Grid Tie Solar Cell sebesar 1000Watt, maka total daya yang kita miliki menjadi 2000Watt pada siang hari. system akan bekerja sbb:

1. Jika kita mengaktifkan beban di rumah kita sebesar 1000Watt pada siang hari maka seluruh kebutuhan energynya akan disupply dari Solar Cell, pada kondisi ini kita akan melihat bahwa Meter PLN akan berhenti (tidak berputar)

2. Jika kita mengaktifkan beban di rumah kita sebesar 1.500Watt pada siang hari, maka energy tersebut akan dipasok oleh Solar Cell sebesar 1000Watt dan sisanya akan dipasok oleh PLN sebesar 500Watt. Dalam kondisi ini energy dari PLN dibutuhkjan untuk menutup defisit daya yang dibutuhkan.

3. Jika kita mengaktifkan beban dirumah kita sebesar 500Watt pada siang hari, maka energy tersebut akan dipasok oleh Solar Cell sebesar 1000watt, disini kita lihat ada kjelebihan pasokan sebesar 500watt. Kemana kelebihan ini akan disalurkan? Kelebihan ini akan disalurkan keluar rumah kita menuju jaringan PLN. Akibatnya meter PLN akan berputar kekiri (Count Down). Ini adalah kondisi dimana kita sedang menjual kelebihan energy yang dihasilkan oleh Solar Cell kita kepada PLN.

4. Jika kita mematikan seluruh beban dirumah kita pada siang hari, maka produksi listriuk dari Solar Cell akan langsung disalurkan keluar rumah kita ke jaringan PLN, akibatnya meter PLN akan berputar ke kiri (Cont Down). Banyaknya energy yang bisa kita jual ke PLN dalam 1 hari jika seluruh beban dimatikan adalah 1000 x 4 = 4 Kwh karena dalam kasus ini kita menggunakan Solar Cell 1000Watt-peak. Jika kita menggunakan kapasitas lebih besar maka energy yang kita jual juga akan semakin besar, artinya meter PLN akan berputar kekiri lebih kencang.

Komponen utama Solar On Grid System meliputi : Panel Surya, Solar Grid Tie Inverter, Export Import Metering System. Anda tertarik dengan system ini? Silahkan hubungi kami.

34 comments:

  1. Ini berarti ngak pake aki untk penyimpanan dan pada malam hari total yang dipakai adalah dari PLN. Mohon infonya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah pasang system ini,hasilnya memang piringan berputar kekiri saat saya mengurangi beban daya.....namun ternyata setelah saya amati,angka pada meteran tetap bertambah meskipun piringannya berputar kekiri.......

      Delete
  2. Betul pak. Intinya kita bicara ttg KWH bukan KW terpasang. Karena sebenarnya yang kita bayar ke PLN tiap bulan adalah KWH-ya.

    ReplyDelete
  3. apakah system seperti ini sudah di legalkan di indonesia/PLN..?
    bagaimana dengan system konfigurasi dan perhitungan KWH meternya, apalagi sekarang banyak di pakai KWH system voucher. Thq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.pln.co.id/blog/pln-siap-barter-listrik-dengan-pelanggan-pengguna-panel-surya/

      Delete
  4. Yth. Saya sudah mencoba sistem ini dengan gridtie inverter dan betul meteran pada kwh meter berputar terbalik. Sama seperti pertanyaan di atas apakah sistem ini legal di indo? Kalo iya bagaimana cara kontrak penjualan listrik swasta ini dengan PLN? Mohon infonya. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. System ini sudah legal berdasarkan SK Direktur PLN, Bapak bisa menghubungi kantor cabang PLN terdekat untuk melaporkan pemasangan system ini.

      Delete
  5. Pa gridtie solar tsb apakah dalam satu modul atau satu panel yg terpisah dengan inverternya..........kalau boleh tahu berapa harganya .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. System Grid Tie ini ada pada type inverternya. Jadi terpisah dari modul suryanya. Harga (terpasang)saat ini berkisaar USD.5/Watt Peak

      Delete
  6. Apakah sistem penjualan listrik ke PLN skala mikro ini sudah diterapkan,klo sudah dimana dan kita harus mendaftar ke PLN dibagian apa ?

    Sebab saya juga sedang mempersiapkan pembuatan mesin pembangkit listrik dengan teknologi hybrid ( Matahari dan Sampah )

    Saya berharap bisa kerjasama dengan Bapak mohon no Telpnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Thx atas responnya. Siap bekerjasama. hub saya di 081235165226

      Delete
  7. Teman teman yth: System ini BELUM diatur. Saya pernah tanyakan ke PLN dan Asosiasi tentang masalah ini, jawabannya : Selama TIDAK DILARANG ya berarti tidak melanggar larangan. Kami sendiri sudah memasang lebih dari 100Kwp di berbagai lokasi: Gedung Pemerintah, Kantor Kedubes, Pabrik Swasta dan Rumah pribadi. Aturan ttg FIT sedang dalam pembahasan di ESDM, tapi sayangnya belum banyak kemajuan yg berarti, itupun untuk FIT dengan skala MEGAWATT, belum menyinggung FIT untuk kelas rumah tangga,

    Untuk Pembangkit Biomasa (Mas Helmi) aturan soal FIT sudah ada, tetapi untuk Solar system belum ada keputusan, Saya sendiri sdh beberapa kali ikuti diskusi ttg masalah ini tetapi kok masih muter2 saja. Yang pasti FIT Solar Cell lebih mahal dari Biomasa, karena investasinya juga lebih mahal. Angka terakhir yang sedang diuji di esdm adalah USD.25sen/Kwh, kami berharap bisa USD.30sen

    ReplyDelete
  8. Menarik juga .....lalu bagaimana kalau sumber energi listriknya kita peroleh dari microhidro PLTA kecil-kecilan lah...apakah hal ini juga bisa laksanakan kerja sama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grid Tie System bisa digabung dengan semua jenis Generator, Syaratnya : Kapasitas Generator Harus > dari Kapasitas Solar System, kalau < maka Generator akan jebol karena mendapat arus balik dari Grid Tie System. Dalam hal Grid Tie disambung dengan jaringan PLN jelas bahwa kapasitas Generator PLN >>>>>> dibanding Grid Tie System yang kita pasang.

      Delete
  9. Pak Kurniadi
    saya tertarik dengan informasi ini, tapi saya masih ragu apakah bener dengan system grid tie tersebut akan bisa memutar balik meter PLN.

    sekarang saya menggunakan solar panel di rumah dengan menggunakan battery dan kemudian dihubungkan dengan inverter ke AC. masalahnya adalah saya harus membuat jalur tersendiri untuk beban yang menggunakan daya dari solar panel. Alangkan praktisnya apabila bisa di hubungkan dengan jalur PLN yang telah ada.
    maka saya ingin memastikan apakah memang mungkin meter akan berbalik bisa lasa mengganti nya dengan system grid tie dan power lebih dari solar system saya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Pak, kami sudah pasang dibeberapa lokasi: Kantor Kedubes Austria, Pertamina Cililitan, SHARP Karawang, TOYOTA KArawang dll

      Delete
  10. saya sangat tertarik, krn biaya terbesar adalah baterei. idenya adalah menjadikan grid PLN berfungsi sebagai baterei kita.
    Dalam artian kita menabung listrik di PLN (mengurangi angka meteran). daripada daya terbuang sia-sia (krn batre sdh full).

    tapi bisakah ini diterapkan pada meteran yg berbentuk TOKEN?

    mohon urun rembugnya.

    ReplyDelete
  11. System ini sayangnya hanya bekerja pada system meter mechanical. Pada system digital yang terjadi hanya meter "BERHENTI" saat load < supply dari Panel Surya.

    ReplyDelete
  12. Yang perlu diperhatikan, kWh meter PLN 1phasa (untuk di rumah) memiliki fitur UDR (Uni Directional Register) sehingga bila kWh meter berputar terbalik maka register tetap naik (bila meter prabayar maka pulsanya akan tetap berkurang). Jadi dengan sistem Grid-Tie tersebut walau energi-nya kita produksi sendiri maka kita tetap membayar ke PLN dikarenakan nilai registernya tetap naik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Dian.
      Sebelum pasang, harus lapor dulu ke PLN agar system meter kita disesuaikan. SK Direktur PLN sudah jelas mengatur hal ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  13. saya sangat tertarik pak dengan ini dan rencana saya akan mengangkat masalah ini di seminar dan skripisi saya pak senmester ini..cuman mau nanya apa sudah ada yang gunakan saat ini plts SHS grid dgn pln..dan saya mau minta kontak personya pak sekedar tanya2 ntar..
    gidion- STT PLN Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa lokasi yang sudah kami install: TOYOTA KARAWANG, SHARP KARAWANG, Kantor ESDM di Gator Subroto, Pertmina Coco Cililitan dll

      Delete
  14. Mas Kurniadi, sejak blog ini ditulis dan dikomen "System ini BELUM diatur. Saya pernah tanyakan ke PLN dan Asosiasi tentang masalah ini", sayang sekali sampai saat ini pihak PLN masih belum juga ada peraturannya.

    Padahal, pihak2 swasta (termasuk konsumen kecil) sudah mulai banyak yang tertarik pasang GTI (Grid-Tie Inverter) bukan? Sudah terbukti dari negri tetangga, GTI ini mampu membantu PLN untuk supply 'Peak Demand', jadi PLN juga nggak byar byar pret terus (http://www.canberratimes.com.au/act-news/csiro-says-installing-solar-panels-on-roofs-of-businesses-could-take-pressure-off-the-electricity-grid-during-heatwaves-20140113-30qz5.html)

    Mungkin Mas Kurniadi punya kenalan sama yang 'berkuasa' di PLN untuk menghimbau mereka, segera menerapkan peraturan ini? Sebelum semakin banyak konsumen yang kesel dan ngomel, kayak di sini: http://zulkarnain.wordpress.com/2014/05/29/keganasan-pln-mengakali-meteran-memeras-rakyat-dan-anti-green-energy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kabar baiknya : Sekarang sudah ada SK direktur PLN yang mengijinkan aplikasi GRID TIE SYSTEM ini. Mari kita manfaatkan

      Delete
    2. Terimakasih banyak atas informasinya mas Kurniadi, mudah2an pihak PLN dan swasta menggalakkan program ini. Ternyata sudah dari tahun kemaren, tapi ndak kedengeran yah?

      Delete
  15. Mau ikutan nimbrung ..... Semisal suplai listrik kita surplus terhadap pln apa bisa diuangkan ya .... misal; kebutuhan rata2 kita 5kwh/hari sedangkan solar panel kita bisa menghasilakan rata2 10kwh/hari .... gmn yaa ..... trims infonya

    ReplyDelete
  16. apikasi grid tie system investasi paling murah berapa ya?dengan spesifikasi yang bagaimana? mohon informasinya

    ReplyDelete
  17. On Grid System bisa dipasang dengan kapasitas paling kecil (Setahu saya) 500Watt peak. Tetapi saya lebih menyarankan dengan kapasitas panel surya sebesar 5000Wp dan Kapasitas Inverter On Grid 5000Watt, kenapa ? karena type tersebut yang paling mudah kita cari dipasaran. Harga terpasang saat ini berkisar USD.2/Watt-peak untuk minimum pemasangan sebesar 5000Wp. Semoga membantu

    ReplyDelete
  18. Kalau dilihat dari komentar pejabat ESDM kemaren, nampaknya kelebihan Energy seperti yang digambarkan Mas Rahmat diatas, belum bisa diuangkan. Maka sebaiknya saat pemasangan sudah diperhitungkan berapa kebutuhan Energy (KWH) kita dalam sebulan ? dari situ kita bisa hitung berapa WP yang akan kita install. Sebaiknya lebih kecil dari kebutuhan rata2 kita, kenapa ? karena kelebihannya toh nggak akan dibayar oleh PLN. masak iya kita yumbang gratis ke PLN ?..... thx

    ReplyDelete
  19. Dan alat gti ini apakah bisa di pasang pada listrik prabayar...ikut tertarik nih..mohon penjelasannya...

    ReplyDelete
  20. Artikel ini sangat menarik Pak Kurnadi mengenai enerti baru terbarukan, untuk alamat workshop dimana ya Pak Kurnadi ?

    ReplyDelete
  21. Infonya menarik Pak, trims...

    https://janaloka.com/pembelian-listrik-dari-plts/

    ReplyDelete