Tuesday, January 10, 2012

POTENSI AIR DI PULAU SABU NTT

SYSTEM POMPA AIR TENAGA SURYA DGN JARINGAN IRIGASI SYSTEM TERTUTUP (PERPIPAAN)

Proyek Instalasi Solar Water Pumps di desa Lenupetu Kabupaten Rote Ndao NTT, meng-inspirasi saya untuk melakukan survey ke beberapa lokasi lain di sekitar pulau Rote. Salah satu hasil survey yang saya dapatkan adalah potensi Air yang sangat luar biasa di pulau SABU. Pulau SABU yang secara fisik didominasi oleh bebatuan dan karang ini ternyata adalah sebuah pulau yang pantas untuk mendapat perhatian lebih karena memiliki potensi yang strategis untuk pengembangan dan peningkatan taraf hidup masyarakat setempat, khususnya di sektor pertanian.

Beberapa Mata Air Alam yang ada di pulau SABU merupakan mata air alam yang tidak pernah kering pada musim kemarau, sehingga sangat berpotensi dijadikan sumber air irigasi untuk areal pertanian padi, pertanian hortikultura dan padang rumput (peternakan) di sekitar mata air. Multiplier effect yang dihasilkan akan sangat siknifikan dalam mengangkat perekonomian masyarakat di pulau SABU

Potensi yang bisa dikembangkan di daerah pulau SABU ini adalah:
1. Bidang Pertanian :
Lokasi di daerah seputar sumber air adalah tanah yang sangat subur, tetapi masyarakat hanya mengolah areal tersebut sebagai lahan pertanian pada musim hujan saja. Lahan pertanian lebih tinggi dari posisi sumber air sehingga air yang melimpah tidak bias dimanfaatkan secara maksimal.

2. Bidang Peternakan :
Untuk pengembangan Peternakan (Khususnya Sapi, Kambing dan Kuda), areal padang rumput yang tersedia sangat luas dan potensial. Dengan system pengairan yang baik, maka rumput di areal tersebut akan tumbuh dan menjadi makanan ternak yang melimpah.

(Catatan: Cara masyarakat dalam beternak sangat efisien karena ternak hanya dilepas saja di padang rumput, sehingga tidak ada biaya penyediaan pakan ternak seperti yang umumnya dilakukan di Jawa. Jika potensi ini kita dorong maka tidak mustahil P SABU akan menjadi salah satu sentra peternakan nasional ).

Hambatan utama yang dihadapi masyarakat setempat dalam pengembangan pertanian dan peternakan adalah masalah ketersediaan air.

Untuk memecahkan masalah ini maka bisa dilakukan dengan cara mengangkat air dari sumber air ke lokasi tertinggi, jika ini bisa dilakukan maka kita tinggal memikirkan distribusinya saja dengan mengandalkan system grafitasi.

Metode Pengangkatan Air:

Keterbatasan Energy Listrik dan keterbatasan BBM di P SABU menjadi pertimbangan utama dalam men-desain system pompa yang akan kita implementasikan, sampai saat ini PLN di P SABU masih menggunakan BBM sedangkan SPBU belum tersedia.
Penggunakaan Pompa dengan system Diesel memiliki faktor kesulitan sbb::
1. System Pompa Diesel membutuhkan BBM, Kendala yang muncul adalah : Supply BBM tidak sebaik di Pulau besar, karena belum tersedia SPBU.
2. Untuk system pompa yang berbasis komunitas, maka biaya operasional umumnya didapat dari iuran pengguna air, hal ini terbukti menjadi kendala yg serius karena seringkali ada tunggakan pembayaran dari pengguna air.
3. System Pompa Diesel membutuhkan perawatan rutin dan penyediaan suku cadang.
4. Membutuhkan tenaga operator dan tenaga tehnisi khusus untuk mengelola secara rutin.

Berdasarkan kondisi diatas maka kami rekomendasikan untuk mengimplementasikan System Pompa Air Tenag Surya (Solar Water Pumps) dengan alasan sbb:
1. Tidak membutuhkan BBM; Sehingga tidak diperlukan Iuran dari pengguna air dan tidak terpengaruh oleh kenaikan harga BBM.
2. Tidak membutuhkan tenaga operator untuk mengoperasikan system ini.
3. Memiliki usia pakai yang jauh lebih panjang disbanding system pompa diesel.
4. Kapasitas System Pompa bisa melayani untuk kebutuhan Irigasi sebagaimana dibutuhkan di lapangan.
5. Karena Energy yang digunakan berasal dari Cahaya matahari, maka Solar Water Pumps menghasilkan volume pemompaan lebih banyak saat kemarau, sedangkan saat musim hujan volume yang dipompa lebih sedikit, dengan cara ini maka kesetabilan supply air bisa lebih terjaga. Wilayah Rote memiliki periode kemarau yang lebih panjang daripada periode Hujan.
6. System ini TIDAK menggunakan BATTERY yang merupakan TITIK LEMAH dalam system Solar Cell. Maka dengan system ini NYARIS tidak dibutuhkan biaya operasional apapun.

PILOT PROJECT:
Sebagai Pilot project, system pompa di-desain untuk menyediakan pengairan untuk luasan area perkebunan jagung seluas 50 Ha.
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dari petani setempat, saat ini digunakan mesin Pompa HONDA berbahan bakar bensin dengan kapasitas pompa 100L/Menit.

Data Survey sbb:
1. Jenis Tanaman yang dibudidayakan: Jagung
2. Luas area tanam : 3 Ha
3. Pompa : Centrifugal pumps dengan penggerak mesin HONDA
4. Kapasitas Pompa : 100 Liter / Menit
5. Durasi Pemakaian : 2 x 12 Jam / Minggu = 24 Jam / Minggu
6. Volume Air yang dibutuhkan utk 3Ha : 144 M3/Minggu
7. Volume Air yang dibutuhkan utk 1Ha : 144 / 3 = 48 M3 /Minggu = 6.9M3 / Hari

Dengan data diatas, maka untuk memenuhi kebutuhan air dengan Luas area sebesar 50 Ha dibutuhkan kemampuan pompa sebesar 50 x 6,9 = 343 M3 / Hari

System dan Kapasitas Pompa yang direkomendasikan adalah sbb:
- Type Pompa : Surface Pumps
- Penggerak : Solar Cell ( Tenaga Surya)
- Kapasitas Pompa : 500 M3 / Hari
- Kapasitas Panel Surya : 5.180 Watt-peak
- Distribusi : Perpipaan 5000 Meter HDPE 4”


Material Bill of Quantity

PEKERJAAN : PEMASANGAN SOLAR SELL PUMP
LOKASI :

No. URAIAN PEKERJAAN VOLUME SAT

A PENGADAAN BAHAN
1 SOLAR WATER PUMP SYSTEM
1 PUMPS LORENTZ (Surface Pumps) 3 Unit
2 PUMPS Controller LORENTZ PS1800 3 Set
3 Water Probe Sensor LORENTZ 3 Set
4 Splice Kit Cable Power 3 Set
5 Solar Switch Sensor 3 Set
5 PV SOLAR CELL SHARP 185 Wp 28Pcs
6 Pipa Suction da Discharge 2,5" 5 Btg
7 Fitting 10Set
8 Konstruksi Penyangga Panel 28Set
9 Kabel Panel 28Set
10 Kabel Beban 4 x 2.5mm 1 Roll
11 Kabel Sensor 1 Roll
12 Bolt n Nut 1 Lot
13 Accecories 1 Unit


B SYSTEM DISTRIBUSI
1 Pipa HDPE 3" 5.000Meter
2 Gate Valve 3" 5 Pcs
3 Fitting and Connector 1 Ls
4 Accecories 1 Ls


C Jasa
1 Mobilisasi Material / ongkos kirim 1 LS
2 Jasa Survey dan Design System 1 LS
3 Jasa Tehnisi Solar cell dan Pump 1 LS
4 Tiket dan akomodasi Technisi Solar Cell 6 Orang



Catatan :
Total Dynamic Head (TDH) 5,00 Meter Vertical
Pumps Flow rate (Debit) 500,00 M3 / Day
Kapasitas Panel Surya 5.180,00 Watt
Pipa Distribusi HDPE 3" 5.000,00 Meter

No comments:

Post a Comment

Post a Comment